Tere liye dan cerita cinta (tak) biasa

Berjuta_rasanya_tere_liye

 

Buku Berjuta Rasanya karangan Tere Liye ini berisi 15 cerita pendek yang bercerita tentang cinta dari sudut pandang yang berbeda.Kelima belas cerita itu dikemas dalam bahasa sederhana dan mudah dipahami,tetapi jangan tanya tentang alur ceritanya. Alur cerita yang disajikan terkadang sangat berbeda dengan ekspektasi yang telah disiapkan para pembaca. Tengoklah salah satu bab yang berjudul “Harga Sebuah Pertemuan” disitu telah disiapkan tiga skenario yang mungkin para pembaca langsung menyetujui dan memilih satu skenario tersebut sebagai ending dari cerita,tapi bukan Tere Liye namanya kalau tidak pintar memutar balikan cerita dan mengubahnya jadi sebuah kejutan yang tidak dapat diduga sebelum membaca endingnya. Ada juga dalam bab Kotak-kotak Kehidupan Andreibercerita tentang sebuah kotak kenangan (mungkin) atau semacam pandora box yang kita tidak tahu bentuknya sepertinya,berangkat dari kemisteriusan sebuah benda abstrak tersebut maka dimulailah sebuah cerita abstrak yang ending nya juga hanya bisa mereka-reka apa sebenarnya maksud dari cerita tersebut.Dalam bab itu pula saya menemukan sebuah quote yang cukup menarik untuk disimak

“Nak, apakah ada yang berpikir hidup ini bukan soal pilihan? Karena jika hidup hanya sebatas soal pilihan, bagaimana caranya kau akan melanjutkan hidupmu, jika ternyata kau adalah pilihan kedua atau berikutnya bagi orang pilihan pertamamu?”

Buku Tere Liye memang biasanya disajikan dengan sarat emosi dan tebal. Bagi para pembaca setia karya Tere Liye mungkin agak sedikit hambar membaca buku yang satu ini.

Tapi tetap saja ini merupakan buku yang menarik untuk dibaca sambil bersantai-santai minum teh atau mungkin ketika mau tidur sebagai perenenungan sekaligus penutup hari yang indah.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s