(mat)Realistis

Hingga pada akhirnya kita manusia manusia yang ketika menginjak umur 20 tahunan akan dihadapkan pada suatu pertanyaan “Tujuan hidup kamu itu apa?” . Cukup bingung juga bagi saya untuk menjawab pertanyaan seperti itu tanpa harus berpikir kurang dari 10 menit. Pertanyaan seperti itu sangat berbeda dengan pertanyaan masa kecil yang sering kita dengar seperti “Cita-cita kamu apa?” . Dulu kalau sudah muncul pertanyaan seperti ini saya tanpa pikir panjang akan menjawab Pilot ! sekarang?sepertinya harus memutar otak dulu untuk menjawab pertanyaan tentang tujuan hidup. Baiklah, saya akan memberi gambaran singkat yang cukup realistis untuk menjawab pertanyaan semacam itu. 

Uang, ya semua tujuan hidup akan selalu bermuara pada satu kata tersebut. Uang lah yang selama ini mengendalikan kita,uang mempunyai kuasa penuh pada manusia untuk melakukan apapun yang mereka mau. Uang tidak bisa membeli kebahagiaan? kata siapa?itu kan hanya pepatah lama yang mengajarkan pada kita untuk tidak meng-esa-kan uang,bagi saya kebahagiaan itu sendiri bisa dicapai kalau kita sudah mempunyai cukup uang. Belum pernah saya melihat di dunia nyata orang kekurangan uang kemudian bahagia,anyone?

Mengutip kata-kata dari Mark Twain “the lack of money is the root of all evil.” Tidak ada yang salah dengan ungkapan tersebut,kecuali ketika ungkapan tersebut menyeret kita lebih jauh kedalam kapitalisme ekstrim yang mempunyai bayangan bahwa kita semua tidak bisa hidup tanpa uang. Lebih parahnya lagi,orang seperti ini akan mempunyai fanatisme sempit yang mengatakan bahwa mereka lebih baik karena mereka lebih banyak mempunyai uang.Pada akhirnya uang adalah suatu komoditas yang kuat yang dapat mempengaruhi pengambilan keputussan.Mungkin gak seekstrim itu ya pandangan saya terhadap uang yang beredar. Ya bisa dibilang saya cukup tau lah batas antara matre dan realistis,jadi mungkin saya gak begitu money oriented tapi lebih ke oriented to the money (nah) 

“Jadi,tujuan hidup kamu apa?”

 “Punya uang yang cukup untuk membeli kebahagiaan saya sendiri”


 

Leave a Reply

