Damarrama’s Top Albums 2013

Inilah postingan yang cukup rutin di keluarkan oleh blog ini setiap tahunnya, cukup melelahkan mengotak atik dan menapak tilas beberapa album rilisan tahun 2013 untuk dijadikan list dibawah ini. Bahkan sempat membuat ragu untuk menentukan posisi pertama, ah tapi pilihan dibawah ini sudah bulat. Mungkin ada yang sudah menebak album siapa saja yang berada di daftar yang bersangkutan. Sepuluh album dibawah ini adalah album favorit saya sepanjang 2013 yang dinilai begitu subjektif, jadi jangan kecewa bagi anda yang album favoritnya tidak ada disini. Karena anda bisa membuat list terbaik versi anda sendiri. Inilah pilihan saya, kalau anda?

10. Local Natives // Hummingbird

homepage_large.843c2ed5

Butuh waktu yang cukup lama untuk Local Native membuat sebuah karya yang pantas. Setelah cukup sukses dengan album Gorilla Manor (2009). Band psych rock ini nampaknya cukup membuat gebrakan dengan album Hummingbird, yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

9. Tegan and Sara // Hearthrob

teganandsara-collarsSM

Ada yang lebih enak dilihat dari wanita cantik?Ada. Dua wanita cantik,kembar identik dan piawai dalam bermusik. Kombinasi itulah yang jadi keunggulan dari Tegan and Sara.Dengan balutan synthpop, Hearthrob menjadi salah satu album yang cukup membius di tahun 2013

8. Disclosure // Settle

f40d167d

Duo kakak beradik ini cukup hebat dalam memperlakukan lantai dansa . Musik electro yang ditampilkan terdengar berkelas,album ini menjadi salah satu contoh bagaimana band ini memang atraktif dan catchy.

7. Arctic Monkeys // AM

am

Konon album AM ini tercipta setelah Alex Turner putus dengan supermodel Alexa Chung. Dengan eksplorasi yang mendalamdan mampu memadukan unsur R&B,pantaslah kalau album ini disebut puncak kualitas dari Arctic Monkeys.

6. Phoenix // Bankrupt!

download (1)

Jika menantikan hasil yang dirangkai seperti album sebelumnya “Wolfgang Amadeus Phoenix” maka bisa kecewa. Album ini lebih megah, nada-nada yang dimainkan lebih groovy. Mood yang ditawarkan lebih emosional namun masih tertutup, mengeluarkan perasaan bosan yang mungkin terlewatkan sebelumnya.

5. Lorde // Pure Heroine

Lorde

Kesan pertama yang didapat artis dari Selandia Baru ini adalah dingin,angkuh dan misterius. Karakter suaranya yang unik seolah hasil persilangan antara Bjork dan Sia membuat album perdananya yang berjudul Pure Heroine ini memberikan efek tipsy berminggu-minggu.

4. John Mayer // Paradise Valley 

john-mayer-1376403903

John Mayer dengan segala kesempurnaannya tampan,skill musik yang tidak diragukan dan produktivitas yang  menawan kembali hadir tahun ini dengan album Paradise Valley. Di album ini John Mayer sudah nyaman dengan gaya bermusiknya ala country koboi. Bisa dipastikan album ini tidak mungkin dilewatkan di tahun 2013.

3. Vampire Weekend // Modern Vampires of The City

vampireweekend-interview-1-4.21.20131

Grup band yang mengusung baroque-pop dan sentuhan afrobeat ini sudah menerima banyak ketenaran yang tidak terbayangkan. Dari para fans yang mengupload berulang-ulang twit dari Ezra Koenig hingga membicarakan potongan rambut terbarunya. Modern Vampires of The City adalah catatan hiperaktif tentang ide yang mencakup pikiran dan persaan halus dari kaum pekerja kelas menengah. Secara musikal album ini sangat elegan dengan penuh akord piano yang penuh penekanan dan basslines dari Chris Baio yang mengalami penigkatan dibanding album-album sebelumnya. Kenyataannya,album ini merupakan salah karya musik megah tahun ini dari band yang semakin baik.

2. Justin Timberlake // The 20/20 Experience 

justin-timberlake-the-20_20-experience-vinyl-version-2013-1500x1500

Marilah kita flashback dekade 2000an dimana Justin Timberlake masih remaja yang beranjak dewasa lengkap dengan rambut keriting pirang dan kawat gigi. Apakah dimasa itu ada yang berpikir  bahwa JT akan menghasilkan album yang cukup keren belasan tahun kemudian?Saya rasa tidak ada yang memprediksi bahwa JT akan berevolusi jadi se-charming ini. Album bernuansa retro-futuristik yang diproduseri Timbaland mampu menghasilkan terobosan ekslusif yang tidak terbayangkan sebelumnya.

1. Daft Punk // Random Access Memories

daft-punk-random-access-memories-800x400

Lima belas tahun dan masih berjaya,begitulah Daft Punk, pionir musik elektronik dari Perancis yang tahun ini berhasil menjual 97.000 kopi album terbarunya hanya dalam rentang waktu sepekan. Random Access Memories melakukan apa yang tidak mereka lakukan pada album sebelumnya,mengajak artis-artis untuk berkolaborasi. Simaklah beberapa track dengan mencantumkan embel-embel nama besar dari mulai Pharrel Williams hingga Panda Bear. Promo untuk album ini juga terbilang luar biasa secara viral, masih ingatkan bagaimana first preview dari ‘Get Lucky’ yang notabene hanya berdurasi 8 menit mampu mengguncang Pitchfork? Saya nobatkan Random Access Memories sebagai album terbaik dan terfavorit tahun 2013. Sahih !

—————————————————————————————————————————————————————–

HONORABLE MENTIONS

The 1975 // The 1975

elle-the-1975-de

Entah bagaimana awalnya saya bisa mendengarkan salah satu band underdog yang lagu-lagunya cukup ear-catching. Dengan pronounciation dan logat british yang kental,The 1975 sedikit mengingatkan kita pada Arctic Monkey di album-album awal. Lagu-lagu dalam album ini mengandung absurditas yang cukup tinggi,dimana video clipnya pun terlihat dikerjakan dengan asal-asalan. Sebenarnya album dari The 1975 terkesan biasa dan jauh kesan megah untuk jadi pertimbangan bagaimana bisa dicintai,tapi apa boleh buat. Cinta tidak melulu soal pertimbangan logis bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s