Damarrama’s Favorite Songs 2013

Setelah dalam postingan sebelumnya saya mengacak-acak dan menapak tilas tahun 2013 untuk mencari album-album terbaik,maka ijinkanlah saya dipostingan ini untuk kembali mengobrak-abrik rilisan 2013 yang menjadi favorit saya. Sama seperti postingan sebelumnya,rangkuman list ini subjektif (seperti biasa) dan kalau beruntung mungkin anda bisa menemukan sedikit curhatan dalam postingan ini (hehehe) . Well,check it out guys !

10. Vampire Weekend – Diane Young

vampire-weekend-2013

Diane Young seakan menegaskan bahwa gaya musikalitas Vampire Weekend tak mudah untuk pudar. Masih dengan karakter uniknya yang berapi-api dalam membakar semangat muda. Vokal Ezra Koenig meliuk-liuk di dalam pacuan beat dan hentakan tempo.

9. Arcade Fire- Reflektor

arcadefire-12.7.2012

Masih mengusung orkestra yang cukup jenaka dan memasukan unsur-unsur dance beats dalam emosi rock indie, Arcade Fire sukses membuat lagu ini menjelma menjadi labirin dimana ada sebuah ritual dan memaksa kaki anda untuk menghentak.

8. Robin Thicke – Blurred Lines

robin-thicke-that-grape-juice2

Anda termasuk golongan orang yang merugi kalau sampai di penghujung tahun ini belum pernah mendengar lagu ini. Lagu ini sempat menjadi anthem hampir seluruh radio station dengan jadwal pemutaran dari pagi hingga sore. Dikarenakan seringnya lagu ini terputar,maka wajar ketika baru mendengar intronya sudah terbayang wajah Robin Thicke komplit dengan teriakan “hey hey hey” nya

7. Lorde – Royals

lorde-billboard-650-430

Seperti ironi dalam lagunya yang bercerita bahwa Lorde tidak akan menjadi bangsawan,namun nyatanya segalanya berbanding terbalik. Menempati chart lagu selama berminggu-minggu dan empat nominasi grammy 2014 yang dikantonginya membuat Lorde menjadi bangsawan.

6. John Legend – All of Me

john-legend-profile

Dewa piano dan perayu ini telah kembali ke bumi dengan salah satu lagunya yang sangat menghinoptis dan mendayu-mendayu.Coba perhatikan petikan liriknya berikut

You’re my end and my beginning
Even when I lose I’m winning
‘Cause I give you all, all of me
And you give me all, all of you

Masih gak percaya kalau lagu ini ampuh dipake buat ngerayu pujaan hati?

5. Mayer Hawthonre – Back Seat Lover 

Mayer+Hawthorne

Entah apa maksud dari Mayer Hawthorne menciptakan lagu  yang multitafsir seperti Back Seat Lover ini. Coba kita lihat lagu ini dari perspektif seorang wanita,wajar saja si cewek sebagai ‘back seat lover’ dari pria yang dimaksud didalam lagu. Tapi si empunya lagu sendiri ini kan lelaki,apakah Mayer Hawthorne ingin mengambil tema tentang gay?Entahlah,yang pasti lagu ini masuk dalam kategori lagu ‘Nakal-Nakal-Enak™’

4. John Mayer – Who You Love

john-mayer-katy-perry-who-you-love-artwork.sl.3.john-mayer-katy-perry-who-you-love-04

Saya curiga,sebelum penciptaan manusia ,John Mayer ini terlebih dahulu memesan segala kesempurnaan duniawi kepada Tuhan. Tidak terkecuali ketika membuat lagu adem yang sukses memikat hati Katy Perry. Sangat sempurna

3. Daft Punk – Doin It Right 

BBC-Radio-1-Daft-Punk

Saya menyebut ini adalah kolaborasi terbaik tahun ini. Dua robot dengan Panda membuat semakin mungkin untuk mengawinkan electro dance dengan vokal magis Noah Lenox. Alhasil, Doin’ It Right menjadi track balad yang unik. Memang terasa ambisius untuk membuat genre electro terdengar sebagai rangkaian kontemplasi. Doin’t It Right kaya dengan nuansa suram dan pahit, bahkan akan tertangkap nuansa sentimentilnya. Namun suntikan groove yang merasuk di sepanjang lagu, membuatnya tetap sejuk untuk didengar. Daft Punk ini memang benar-benar Doin’ It Right lah pokoknya

2. Justin Timberlake – Mirror

jt_press_photo_2013_-5153eb

Konon,JT terinspirasi dari kisah percintaan kakek neneknya ketika menciptakan lagu ini. Dalam durasi yang cukup panjang lagu ini sukses menceritakan perbagai narasi dengan perubahan emosi yang berbeda-beda. Pada awal-awal lagu ini keluar,saya bisa memutarnya sampai lebih dari 10x sehari,galaukah saya?

1. The 1975 – Chocolate

1975n

Ini dia band yang sebenarnya sudah terbentuk hampir sepuluh tahun yang lalu tapi baru sekarang mulai terendus jejaknya. Vokalisnya mengingatkan kita pada Alex Turner yang sangat british dan cocky. Saran untuk yang ingin mendengarkan lagu ini,jangan versi livenya karena kalau kamu orang jawa dan mendengarkan lagunya secara live paling-paling akan hanya akan berkomentar “Nyanyi opo tho mas,koq rak cetho banget lirike”  . Lagu ini muncul secara kebetulan,terakhir (hampir akhir tahun ini),terbilang biasa saja diantara banyaknya rilisan yang lebih menawan tapi ada lebih dari itu semua yang membuat kamu berhenti berpikir dan tiba-tiba saja menyukai lagunya,you don’t think just love it.  Sama seperti saat kita mencari jodoh ya?


HONORABLE MENTION

Tulus – Sepatu

tulus

Awalnya saya berpikir kalau Tulus mengalami degradasi dalam penulisan lirik dalam lagu-lagu barunya,tapi ternyata saya salah.Sekilas terlihat cukup dangkal lirik dari lagu ini tapi ternyata ketika dibaca berulang-ulang lirik lagu ini mengandung personifikasi yang manis.

Kekuatan lirik ditambah vokal Tulus yang khas dan balutan musik yang pas inilah yang bikin saya jatuh cinta sama lagu ini. Saya suka liriknya karena tak lugas langsung mengutarakan maksud yang ingin disampaikan. Ada perumpamaan atau kiasan yang digunakan. Hubungan kedua manusia dalam lagu ini diibaratkan sebagai sepasang sepatu. Mereka berdua tidak bisa bergerak bebas karena berada di bawah kontrol manusia yang mengenakannya atau yang memiliki hak untuk ‘mengatur’ mereka. Mereka diciptakan berpasangan dan selalu bersama tapi tidak bisa bersatu karena satu atau lain hal. Bila mereka berdua memaksakan diri untuk bersatu dengan menghadapi segala halangan dan rintangan yang ada, justru rasa sakit yang akan timbul pada salah satu dari antara mereka. Lagu tersebut berusaha menggambarkan sebuah kisah cinta yang tentunya beragam pada setiap pasang manusia dengan segala macam problema dan perbedaan yang dihadapi, hingga akhirnya tak bisa menyatukan mereka. Menurutmu ini kisah cinta terperih?Mungkin saja,tapi Tulus dan sepasang sepatu bilang ini adalah cinta abadi yang cukup hanya dirasa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s