What They Don’t Talk About When They Talk About Indonesian Karaoke Songs

Sudah barang tentu kita sebagai insan muda sering mencari hiburan untuk sejenak melepaskan beban pikiran yang menumpuk. Saya sendiri untuk selain menjadikan buku atau film sebagai escapist dari realita,terkadang menjadikan karaoke sebagai escapist pada saat-saat tertentu. Iya karaoke, kegiatan hura-hura bersama teman-teman yang sejenak dapat merilekskan pikiran. Karaoke sendiri akan terasa seru apabila memenuhi dua syarat. Yang pertama, ketika kita berkaraoke bersama teman-teman yang sudah hapal betul dengan kisah dan kelakuan kita. Kedua,ketika kita berkaraoke bersama teman yang selera dan wawasan musik sama. Saya sendiri tidak begitu merisaukan hal yang kedua karena mencari teman yang mempunyai selera musik sama bagi saya itu susah-susah gampang karena saya sendiri merupakan kategori orang yang mempunyai wawasan tentang musik yang luas (iya,ini self-proclaimed banget). Kembali ke syarat yang pertama,kebetulan saya kalau karaokean seringnya bersama orang-orang yang sudah hapal betul dengan suara sumbang,lagu favorit,kisah hidup dan alasan kenapa saya memilih lagu tersebut. Dikarenakan karaoke partner saya itu notabene orang-orang mainstream-top40-indonesia maka mau tidak mau saya harus menyesuaikan juga menyanyikan lagu-lagu yang menjadi semacam guilty pleasure. Tak apalah,toh karaoke juga kan melibatkan kegembiraan banyak khalayak,gak mungkin juga kan saya menyanyikan Under Cover of Darkness nya The Strokes dan kemudian berharap teman-teman saya singalong sambil masih tetap bergembira kan?

Baiklah, maka pada kesempatan kali ini saya akan berbagi lagu karaoke yang hampir bisa dipastikan muncul setiap kali kita karaokean. Ssssstttttt, but this list supposed to be a secret. A secret you want the world to know.
Penomoran dalam list ini tidak mempengaruhi kualitas lagu,hanya untuk memudahkan pembaca membaca listnya.

10. Element – Cinta Tak Bersyarat

Anak sembilan puluhan pastilah sekilas atau sekali aja pernah denger lagu ini. Ya walaupun band nya sendiri ibarat mati segan hidup tak mau,tapi tetep lah karyanya abadi.Saya sendiri kalau ditanya personel band Element?pasti akan menjawab Didi Riyadi dan teman-temannya. Wait,still doesn’t ring a bell for you? Okelah,yang gini ini lho liriknya
“Namun bila,kuharus tanpamu. Akan tetap kuarungi hidup tanpa bercinta”. Gimana? Udah tahu lagunya?

9. Sheila on 7 – Kita

Saya suka lagu ini karena alasan yang sederhana, bagi saya lagu ini mengajarkan bagaimana caranya untuk tetap cool dan tampak bijak saat ditembak cewek yang sebenernya juga kita senengin.

Sebelum lagu ini, setau saya belum ada lagu Indonesia yang menceritakan cowok di tembak cewek, lalu reaksi cowoknya bijak dan cool, yang ada biasanya diceritakan reaksi sang cowok deg-degan, salah tingkah, kelu tak dapat berkata, dan sejenisnya. Sementara Sheila On 7, tetap terjaga kekerenannya tur isa macak bijaksana. Kalian para cowok-cowok bisa gitu po?

8. Dewa 19 – Risalah Hati


Konon band yang dipimpin oleh Ahmad Dhani ini mencapai puncak kualitasnya pada album
Bintang Lima. Cobalah tengok salah satu lagunya yang berjudul Risalah Hati. Bercerita tentang cowok yang sangat yakin kalau cinta itu bukan melulu perkara hati,tapi juga perkara perjuangan dan timing yang pas. Dinyanyikan dengan sangat jantan,jauh dari kesan merajuk dan mendayu-dayu. Ini bisa dibuktikan dengan liriknya “Sebelum kau ludahi aku,sebelum kau robek hatiku” yang kemudian disambung dengan “Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku meski kau tak cinta kepadaku. Beri sedikit waktu,biar cinta datang karena telah terbiasa”
Tolonglah ini kalau ada band indonesia lain yang bisa bikin lirik dan musikalitas yang super seperti ini bakal saya sembah sekarang deh :p

7. Andra and The Backbone – Saat Dunia Masih Milik Kita


Saat mempunyai pasangan memang serasa dunia milik berdua, yang lain ngontrak (Joke om om). Tapi bagaimana ketika karena suatu hal akhirnya kita harus berjalan sendiri lagi tanpa pasangan? Andra and The Backbone dengan apik menyajikannya pada lagu Saat Dunia Masih Milik Kita. Dengan raungan distorsi gitar yang liar, lagu ini masih menyisipkan
menceritakan cowok yang masih ingin mencoba menjalin hubungan agar dunianya terasa lengkap karena adanya pasangan akan menggenapinya (Ciyeh). Tuh dek, it should be me and you vs the world and then you leave. And now feels like me vs you and the world.

6. RAN – Pandangan Pertama


Awalnya kenal RAN dari *ehem* former partner yang kebetulan fans berat RAN. Dari semua lagu yang pernah saya dengarkan,dari album paling lama hingga saat ini yang paling nyantol dan rauwisuwis ya cuma lagu ini.
Sekarang saya sadar kenapa RAN bisa ngehits banget dengan lagu Pandangan Pertama ini. Kesederhanaan dan manis memang menjadi daya tarik dari lagu satu ini.
Apalagi untuk cewek diluar sana yang dengerin lagu ini sambil membayangkan digombalin pada bagian rapnya “Your personality is kind and friendly,the kind of the girl that I want to be with me” . Becek becek dah tuh :p

5. Rocket Rockers – Hari Untukmu


Walaupun udah gak dalam jalur mainstream,tapi lagu ini masih dalam radar teman-teman dan selalu keputer kalau karaokean. Entah kenapa this song always bring me back when I was on senior high school masa-masa menjelang ujian nasional dan disibukan dengan cinta yang hilang tryout yang sangat menyita waktu. Punchline nya sendiri terdapat pada kata-kata “Jangan pernah hilang semua rasa takkan pernah berubah” .

4. Nidji – Bila Aku Jatuh Cinta


Rasa jatuh cinta cowok bisa ditampilkan elegan di lagu ini. Ketukan drum yang mendayu-dayu seolah mengamini nasib yang
menimpa si cowok, seperti yang sering kita dengarkan dari lagu-lagu bertema serupa, tidak terdengar di sini.
Lagian, keliatannya Nidji emang cuma sukses di album ini sebelum jadi plagiatnya Coldplay.

3. Naif – Benci Untuk Mencinta


Sebenarnya saya sempat terpikir untuk memasukkan lagu ini dalam postingan terdahulu, namun dengan beberapa pertimbangan, saya memasukkan lagu yang sampai sekarang kalau mendengarkannya masih sering goosebumps sendiri ini, karena menurut saya lagu ini sangat personal dan lebih asik bila didengarkan dengan headset sambil ketap ketip nyawang eternit, tidak di tengah keramaian barbaric karaoke partner.

2. Sheila on 7 – Sahabat Sejati


Udah jelas kan? Lagu ini mengajarkan saya gimana caranya menjadi seorang kawan yang baik untuk siapa saja yang juga baik dan mengganggap saya kawan. Menurut kalian, teman-teman barbaric karaokean saya itu dari mana datangnya? 😀

1. Tulus – Teman Hidup


Ya karena dia Tulus.
*kemudian disambut koor teman-teman “Ciyeeee yang nonton Tulus sambil berdua-duaan” *

Honorable Mentions :

HiVi – Orang Ketiga


Gak selalu jadi list wajib waktu karaokean tapi selalu dapet teriakan ejekan dari teman-teman tiap lagu ini saya reserve di playlist 😀

Pee Wee Gaskins – Tatiana2K9
Kadang-kadang aja nyanyiin lagu ini kalau gombalness-o-meter nya udah overload dan gak tahu harus disalurkan kemana.
“Cause every words I’ve said to you,where the words that I mean the most I’ll never let you go. Oh can we stay like this forever”
Mas dochi,bikin lagu yang curhatable lagi dong mas :p

Sekian list lagu-lagu karaoke bikinan saya. Selalu ingat kalau karaoke itu merupakan curhat terselubung. Formula karaokean dari saya adalah satu jam kekurangan dua jam kelebihan,tiga jam hilang ingatan. Bagaimana dengan kalian?punya list lagu karaokean sendiri?Endhi jal? 😀

IMG_3847

Cheers mate

Leave a Reply

